4 Kapal yang Legendaris di Dunia

4 Kapal yang Legendaris di Dunia:


Mungkin sudah banyak yang tahu beberapa kapal yang legendaris di dunia, salah satunya adalah sebagai berikut :

1. Kapal Titanic.

Kapal yang penuh kesombongan yang berakhir tragis.
Saat pertama kali diluncurkan di tahun 1912, Titanic disebut sebagai kapal yang tidak mungkin tenggelam.
Namun, dalam pelayaran pertamanya dari Inggris menuju ke Amerika, Titanic menabrak gunung es dan tenggelam ke dasar laut.
Bahkan cerita tentang Titanic ini pernah didokumentasikan dalam sebuah karya film yang sangat popular di eranya.

2. Kapal Hidrofoil. 


Kapal yang dijuluki si Kapal terbang ini adalah kapal yang mempunyai sirip-sirip pembelah air seperti halnya pada atlet ski. Saat berjalan di atas air dengan kecepatan tinggi, badan kapal akan naik ke atas air dengan sayap melengkung di bawah air yang disebut foil. Saat badan kapal berada di atas air, kecepatan akan bertambah, hal ini dikarenakan gaya geseknya lebih kecil. 

Kecepatan kapal hydrofoil bisa mencapai 6(enam) kali kapal uap biasa.

3. Kapal Phinisi. 

Kapal phinisi adalah kapal tradisional buatan Indonesia yang termasuk kapal layar hebat, yang pernah berlayar sampai Vouncover kanada dan Pulau Madagaskar, Afrika. 
Phinisi dibuat di Tanah Beru, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Hebatnya lagi kapal ini dibuat dengan seluruhnya peralatan dan bahan tradisional. Bahkan untuk memasang kayu pembentuk kapal, tidak digunakan paku, tetapi menggunakan pasak kayu!

4. Kapal Clermont.

Kapal Clermont adalah kapal uap yang pertama  berlayar dari Sungai Hudson New York ke Albany, yaitu pada tanggal 18 Agustus 1807. Kapal ini dibuat oleh Richard Fulton, seorang insinyur berkebangsaan Amerika. Kapal Clermont mampu menempuh jarak hingga 385 kilometer dengan kecepatan 7,5 km per jam. Clermont menggunakan mesin uap yang sama seperti yang dibuat James Watt. Fulton sempat gagal membuat kapal uap karena kekurangan biaya. Tapi setelah Robert L Livingstone, seorang menteri Amerika Serikat membantu, ia mampu mewujudkan impiannya. Clermont menjadi kapal uap pertama yang melayani penumpang. Kapal Clermont melayani penumpang sepanjang Sungai Hudson.

(Sumber : EncyclopeBee)

Semoga bermanfaat ya kawan infonya,
Jangan bosan-bosan untuk terus dibagi, berbagi dan membagi…


Salam Semangat… Jiayou
Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar