7 Hal yang Perlu Kita Tahu Tentang Es Krim & Lemari Pendingin

7 hal yang perlu kita tahu seputar Es krim & Lemari Es:

1.       Rekor makan es krim terbanyak dipecahkan oleh Tony Dowdeswell, seorang pria berkebangsaan Amerika pada bulan juli 1986. Pada hari itu Tony berhasil menghabiskan es krim seberat 153 kg.
2.       Bagaimana Membuat Es krim di pabrik?
Es krim adalah bentuk lain pengolahan susu. Setelah diperah, susu akan dibuat menjadi biang susu di mesin separator. Agar tidak kehilangan gizi, biang susu segera dibekukan dalam suhu yang sangat dingin. Sebelum diolah menjadi es krim, biang susu akan dipasteurisasi terlebih dahulu, pasteurisasi adalah memanaskan susu dan mendinginkanya dengan cepat. Pasteurisasi membuat susu menjadi bebas dari kuman dan bakteri. Susu yang telah steril segera diolah menjadi es krim dan ditambahi berbagai macam rasa. Misalnya, strawberry, coklat, atau vanilla.
3.       Es krim Sundae adalah salah satu jenis es krim yang disajikan dengan porsi yang sedikit. Nama sundae berasal dari kata dalam bahasa inggris Sunday  atau yang berarti Minggu dalam bahasa Indonesia. Begini kisahnya, pada waktu itu, seorang penjual es krim di Wisconsin, Amerika Serikat selalu kekurangan stoke s krim di hari Minggu. Maka agar ia tetap bisa menyajikan es krim di hari Minggu, porsi es dikurangi, lalu ditambahi cokelat dan buah-buahan.
4.       Es krim salju untuk sang kaisar. Kekaisaran Romawi pada zaman Kaisar Nero mempunyai budak-budak yang kuat dan dapat berlari cepat. Tak heran saat ia ingin makan “es krim”, Nero memanfaatkan budak –budak untuk mengumpulkan salju dari gunung-gunung. Salju tersebut diwadahi lalu dibawa lari oleh para budak.
5.       Sejak kapan manusia mengenal mesin pendingin? Ribuan tahun yang lalu manusia purba ,melihat hewan purba yang terkubur dalam salju tapi dagingnya tidak busuk. Mereka kemudian menggunakan salju dalam pengawet dalam lubang penyimpanan daging. Orang Romawi juga menggunakan kotak es untuk mengawetkan makanan. Mereka menggunakan kotak es untuk menyimpan daging dan makanan lainnya agar tetap segar.
6.       Penemu lemari es adalah Carl Von Linde. Dua ribuan tahun yang lalu, orang Romawi telah mengenal kotak es untuk menyimpan daging agar tetap segar. Namun lemari es modern dibuat pertama kali pada tahun 1873 oleh Carl Von Linde, seorang pengajar di Polytechnic School Munich, Jerman. Saat itu Linde berhasil membuat lemari es dengan menggunakan kompresor di atasnya. Pada mulanya Linde menggunakan methal  ether, lalu diganti ammonia, dan yang terakhir gas nitrogen sebagai bahan pendingin.
7.       Es Krim dikenal di Cina sejak 2.000 tahun yang lalu.

Es krim dibuat dari campuran susu, krim dan berbagai macam rasa. Es krim telah mulai dikenal di Cina sejak 2.000 tahun yang lalu. DI awal abad 17, es krim juga sangat  popular di Italia. Namun industry es krim dimulai di Amerika Serikat pada sekitar tahun 1851.


Nah sekarang kita udah tahu banyak kan tentang Es Krim...
Jangan bosan-bosan makan es krim ya....

Salam manis semanis Es krim....
Semangat selalu kawan ...jiayou...



Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar